Struktur organisasi housekeeping adalah proses pengelompokan seksi-seksi, tugas, dan tanggung jawab atau wewenang sedemikian rupa sehingga tercipta suatu organisasi yang dapat digerakkan sebagai satu kesatuan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Dengan adanya pengelompokan seksi-seksi yang jelas, setiap karyawan yang ada di bagian housekeeping dapat mengetahui dengan pasti bidang pekerjaan, atasan, dan tanggung jawabnya.

Dapat dikatakan struktur organisasi merupakan wadah orang-orang yang saling bekerjasama dalam mencapai tujuan organisasi. Adapun yang dimaksud dengan prinsip-prinsip organisasi, yaitu:

  1. Prinsip kesatuan komando
  2. Prinsip pembagian divisi kerja yang jelas
  3. Prinsip rentang kendali
  4. Prinsip pelimpahan wewenang dan tanggung jawab

            Housekeeping memiliki struktur organisasi yang garis besar pembagian tugas-tugasnya adalah sebagai berikut:

  1. Housekeeping Manager/Chief housekeeping/Executive House Keeper :

Bertanggung jawab untuk mengendalikan dan menjalankan seluruh operasional di Housekeeping Department, sesuai dengan ketentuan atau

  1. Assistant House Keeper :

Bertanggung jawab untuk mengawasi atau mengontrol dan mengoreksi keseluruhan seksi-seksi di bagian Housekeeping, sesuai dengan ketentuan atau Policies & Prosedure tugas yang telah ditetapkan/digriskan/ditentukan oleh Manajemen melalui Manager/Kepala Bagian Housekeeping.

  1. Supervisor :

Bertanggung jawab untuk mengkoordinir dan mengawasi pelaksanaan tugas diseksinya dalam hal pemeliharaan dan pengawasan seluruh inventaris, teknis pelaksanaan tugas serta koordinasi seluruh administrasi sesuai ruang lingkupnya.

  1. Room Boy/Room Maid/Attandent :

Petugas yang bertanggung jawab khusu atas pemeliharaan inventaris, pembersihan serta pengawasan ruangan kamar-kamar tamu atau yang akan dijual atau yang disewakan kepada tamu.

  1. Houseman/Housemaid/Attandent :

Petugas yang betanggung jawab khusu atas pemeliharaan dan pembersihan serta pengawasan ruangan dan inventaris yang berada atau terdapat diluar kamar tamu.

  1. Linen Man/Attandent :

Petugas yang bertanggung jawab khusus atas peredaran atau pendistribusian atas sirkulasi linen-linen yang ada di hotel.

  1. Laundry Man/Attandent :

Petugas yang bertanggung jawab khusus untuk urusan:

  1. Guest Laundry : Cucian pakaian tamu yang ada di   hotel
  1. Uniform Laundry : Cucian Uniform Karyawan hotel
  2. Linen Laundry : Cucian Linen-linen yang ada di hotel

Struktur Organisasi di hotel banyak mempergunakan system scientific manajenment, yaitu system pengorganisasisan di hotel dengan mempergunakan jenjang jabatan yang ada dengan membentuk skala piramida kepemimpinan. Piramida kepemimpinan ini secara fungsional dapat dibagi menjadi tiga yaitu : hotel besar, hotel menengah dan hotel kecil.

Categories: housekeeping

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *