Berdasarkan pendapat Brason dan lennox (Agusnawar,2000) bahwa : “Housekeeping domestic administration or accomodation service is therefore essential in all type be comfort, cleanleness and service in all this should be the concert of every member of the establilishment.” jelas bahwa housekeeping, bagian administrasi rumah tangga atau layanana  akomodasi merupakan hal yang sangat diperlukan oleh semua jenis pendirian hotel, klub, rumah sakit, sampai asrama menjadikan perhatian setiap karyawan/staf.

Housekeeping mempunyai tugas dan tanggung jawab atas seluruh areal hotel baik yg  ada di luar gedung maupun di dalam gedung.  Seperti di rumah, housekeeping mempunyai tanggung jawab untuk menjadikan segar, tenang, aman, nyaman dan tentunya tamu akan menjadi puas. Dalam pelaksanaan tanggung jawab yang ada di housekeeping ada 3 garis besar pelaksanaan diantaranya :

  1. Daily cleaning : yaitu pekerjaan pembersihan atau pemeliharaan ataupun perawatan yang dilaksanakan sehari-hari secara rutin dan terus menerus. Seperti pembersihan kamar tamu dan pembersihan public area.
  2. General cleaning : yaitu pekerjaan pembersihan atau pemeliharaan secara khusus dengan waktu yang tertentu dan menyeluruh terhadap ruangan-ruangan ataupun kamar-kamar tamu, bahkan pengecatan dinding. Dan pembersihan tersebut dapat dilakukan dalam waktu : 1 minggu sekali, 1 bulan sekali atau bahkan 1 tahun sekali.
  3. Remodeling cleaning : yaitu pekerjaan pembersihan dengan tujuan untuk memperbaiki atau adanya pembaharuan terhadapinterior atau dekorasi atau merubah tata letak inventaris yang dapat dikatakan pengaturan kembali kondisi ruangan dengan maksud untuk menghindari kejenuhan yang dapat dilakukan lima tahun sekali ataupun 10 tahun sekali.
Categories: Artikelhousekeeping

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *