Untuk mendapatkan hasil olahan kue yang baik maka peralatan yang digunakan harus sesuai, baik mutu bahan alat, ukuran alat, maupun  kebersihan alatnya. Peralatan yang dipergunakan dalam patiseri  sangatlah banyak ragam dan fungsinya. Peralatan patiseri dikalsifikasikan alat untuk  mengukur, mencampur, pemotong, pengembang, memasak, dan mendekor. Dalam penggunaan alat pastry ada dua hal yang harus anda perhatikan yaitu safety dan sanitation :

  1. Safety

Peralatan pastry bisa jadi  sangat  berbahaya. Mulai dari alat yang besar hingga peralatan yang kecil seperti pisau, banyak peralatan yang digunakan dalam dapur pastry yang dapat menimbulkan kecelakaan jika tidak digunakan dengan hati-hati dan tepat. terdapat dua peraturan untuk itu:

  • Jangan pernah menggunakan peralatan sampai anda bener-benar familiar terhadap sistem operasional dan fitur pada alat tersebut. Anda harus belajar untuk memahami kapan saat alat terebut tidak bekerja dengan semestinya, sehingga anda dapat menghentikan/mematikannnya dan melaporkan kepada supervisor.
  • Sadarilah bahwa tidak semua model alat sama. Setiap pabrik memperkenalkan sedikit variasi pada peralatan tersebut. Jadi sangat penting untuk mempelajari operating manual setiap alat, atau belajar dari orang yang mengerti tentang alat tersebut.

2. Sanitation

Pembersihan rutin semua peralatan adalah penting. Kebanyakan peralatan besar dapat dibongkar untuk pembersihan. Bacalah operating manual yang menjelaskan secara detail tentang cara pembersihan atau belajar dari orang yang tahu cara pembersihannya. Peralatan yang akan digunakan harus dalam keaadaan yang saniter, mulai darialat persiapan, pengolahan dan penyajian.

Categories: Pastry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *