MEMULAI BERWIRAUSAHA SAAT KULIAH

Banyak orang ingin memiliki usaha sendiri atau berwirausaha, tapi masih takut untuk memulainya. Sebenarnya modal utama dalam membangun usaha adalah “action”, pameo lama menyatakan “Briliant thinking no action is only words” hehehe… intinya adalah “mulailah…!”. Jangan hanya pintar berbicara namun tidak mau mengambil tindakan, setiap pemikiran harus ada action, dan setiap action harus dipikirkan dahulu.

Seorang wirausahawan harus pintar dalam membaca peluang, singkatnya adalah mampu menciptakan solusi dari masalah yang ada. Solusi itulah yang akan dijual sebagai produk kepada konsumen. Harus mampu mencipatkan bisnis baru dengan mengambil resiko dan ketidakpastian demi mencapai keuntungan dan pertumbuhan dengan cara mengidentifikasi peluang dengan menggabungkan sumber daya yang diperlukan untuk mendirikannya.

Banyak peluang yang kita bisa manfaatkan. a) perkembangan IPTEK yang begitu cepat sehingga memudahkan kita menerima informasi dan komunikasi b) tingkat pendapatan perkapita dan jumlah penduduk yang semakin banyak. Hal tersebut pasti akan diikuti dengan meningkatnya kebutuhan dan permintaan c) tingkat pendidikan masyarakat yang semakin tinggi. Kondisi ini berpengaruh pada penilaian produk yang semakin selektif. Misalnya masyarakat mulai memperhatikan sisi kesehatan, kebersihan, komposisi makanan. Jadi seorang wirausahawan harus cermat dalam menilai peluang ini.

Tidak ada yang salah untuk memulai bisnis saat masih kuliah. Ada beberapa contoh mereka yang sukses memulai usaha saat berstatus mahasiswa. Mark Zuckerberg, Steve Jobs, Bill Gates, Larry Ellison adalah beberapa contoh pebisnis muda yang sukses, bahkan produknya sekarang sudah mendunia.

Bidang usaha yang sekarang sedang ramai digeluti masyarakat adalah usaha dibidang kuliner. Tidak dapat dipungkiri usaha kuliner ini tetap bertahan walaupun digerus gelombang universalisme. Bicara soal makanan pasti akan selalu ada yang baru (up to date), bidang ini unik, karena makanan merupakan kebutuhan pokok manusia. Keinginan, kebutuhan, dan permintaan manusia akan makanan akan terus berkembang dan berubah. Selama manusia masih punya perut, maka bisnis dunia kuliner masih akan tetap ada, hehehe 🙂 🙂 (peluang…)

Di Prodi Perhotelan kami memiliki program mata kuliah F&B product. F&B Product adalah mata kuliah yang mengajarkan kepada mahasiswa untuk memproduksi segala jenis makanan dan minuman. Kami mengajarkan semua jenis masakan dan minuman, metode memasak, cara menghidangkan, pengamasan dan semua yang terkait dengan produksi makanan dan minuman.

Appetizer, main course, dessert, pastry, dan bakery kami akan mengajarkannya semua kepada anda. Mari memulai berwirausaha saat masih kuliah……. kami akan membimbing anda!
Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *